(Program guru penggerak angkatan 4)
Pendidikan
sejatinya membimbing anak agar bisa mencapai kodrat setinggi – tingginya.
Pendidikan menuntut guru agar peka dan memperhatikan kebutuhan belajar murid,
dan tidak menyamaratakan murid dengan suatu standar tertentu. Oleh karena itu
butuh usaha dari guru agar bisa membimbing anak dan menyesuaikan pembelajaran
dan berbagai kegiatan di sekolah dengan kebutuhan anak. Berbagai upaya bisa
dilakuakn agar memberikan porsi lebih bagi siswa agar aktif dalam kegiatan –
kegiatan disekolah.
Program ekstrakurikuler juga
merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari sekolah, serta membantu
siswa mengembangkan bakat dan minatnya dibidang tertentu. Berbagai program yang
dicanangkan diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang berarti bagi murid dan
memberikan dampak positif bagi mereka terutama bagi perkembangan murid dalam
bidang intelektual, sikap , dan ketrampilan.
Program literasi saat ini sudah
menjadi bagian penting yang terus digaungkan agar terus dikembangkan disekolah.
Hal ini tidak terlepas dari pentingnya membaca dan menulis bagi perkembangan
siswa. Untuk menindaklanjuti program tersebut maka saya di SMPN 12 Kota Komba
mencoba gagasan baru terkait program literasi ini. Salah satu Program yang coba
digagas adalah pembentukan Kelompok Literasi disekolah bagi siswa yang hobi
membaca dan menulis.
Salah satu program yang gencar
dibuat dalam kelompok ini adalah program “Jurnalis Cilik”. Dalam program ini
siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam menulis
berita serta berbagai kegiatan yang menyertainya.
Kegiatan Menulis
berita tidak serta merta langsung menghasilkan berita melainkan harus melalui
berbagai Langkah konkrit yang membuat siswa aktif dan harus berinteraksi dengan
berbagai pihak dalam pengambilan berita.
Program
“Jurnalis Cilik” ini sejatinya sudah dicanangkan sejak awala tahun pembelajaran
2021/2022 dan sudah dilaksanakan siswa serta telah menelurkan berbagai tulisan
yang menarik dan dimuat dalam blog sekolah.
Dan terkait
dengan Modul yang sedang dipelajari saya memncoba menyempurnakan kegiatan tersebut
sesuai dengan yang saya dapatkan dalam pembelajaran tentang pengelolaan program
yang berdampak pada murid.
Setelah
mendapatkan pencerahan dari modul terkait program yang berdampak pada murid
maka kegiatan Jurnalis Cilik dikemas dengan memberikan lebih banyak ruang bagi
siswa untuk berkembang.
Perasaan saya
saat merencanakan program ini adalah merasa bahwa program ini diharapkan dapat
memberikan dampak positif bagi siswa terutama dalam bidang tulis menulis dan
literasi pada umumnya.
Pelaksanaan
Program “Jurnalis Cilik”
Dalam
pelaksanaannya, Program ini diawali dengan memberikan materi kepada siswa
berkaitan dengan berita dan cara penulisan berita serta bekerjasama dengan guru
Bhasa Indonesia terkait materi Berita, Pemberian materi ini dilaksanakan saat
jam ekstrakurikuler dan terkadang disatukan dengan pembelajran Bahasa Indonesia
dikelas.
Setelah siswa
paham tentang materi Berita maka siswa diminta untuk memilih coordinator yang
bertanggung jawab terhadap kegiatan dan setelahnya diminta membuat jadwal yang
sesuai dengan waktu yang mereka miliki untuk meliput berita serta mewawancarai
narasumber. Perencanaan dibuat siswa dengan memperhatikan waktu sekolah dan
guru terlibat dalam kegiatan hanya sebagai pembimbing dan memberi tanggung
jawab penuh kepada siswa untuk mengatur jalannya kegiatan tersebut.
Setelah Menyusun
jadwal siswa menentukan sendiri kegiatan apa yang menarik dan akan dijadikan
sebagai bahan liputan, dan yang dipilih adalah kegiatan pertandingan bola voli
tingkat kelurahan yang saat itu sedang berlangsung. Sesuai jadwal yang disusun
siswa kemudian turun ke lokasi untuk meliput berita, dan menemui narasumber
sebagai pelengkap berita.
Setelah
mendapatkan bahan siswa kemudian secara berkelompok Menyusun berita sesuai
dengan kaidah yang ada dan berdiskusi tentang hal penting yang perlu dimasukkan
dalam berita.
Setelah berita
selesai disusun, siswa menghubungi guru untuk mengoreksi dan melihat Kembali
berita yang sudah dibuat, dan siswa mengeditnya Kembali jika dibutuhkan.
Setelah tahapan
tersebut selesai maka berita tersebut dimuat dalam blog sekolah serta linknya
dibagikan di media sosial.
Dalam
pelaksanaannya siswa sudah mampu membuat beberapa berita yang bahkan mendapat
perhatian dari beberapa tokoh penting didaerah. Mereka sangat mendukung
kegiatan literasi ini dan berharap kegiatan ini terus berlanjut sebagai bagian
dari program sekolah.
Kegiatan jurnalis cilik ini
memberikan beberapa dampak dan pengembangan dalam diri siswa yang dapat
dirasakan siswa sendiri diantaranya :
1.
Kemampuan siswa untuk
berinteraksi sosial dengan masyarakat dalam hal pengambilan informasi dari
narasumber dan juga dari lingkungan
2.
Kemampuan siswa mengambil
kesimpulan dari cerita – cerita yang didapat dari narasumber
3.
Kemampuan siswa dalam kegiatan
tulis menulis
4.
Kemampuan siswa untuk mencari
data – data berupa kata – kata baru yang akan dipakai agar tulisan berita
menjadi menarik
5.
Kemampuan siswa dalam bekerja
sama dengan rekan saat membagi tugas dalam peliputan berita
6.
Kemampuan siswa Mengguankan
berbagai peralatan gadget dalam peliputan berita, seperti kamera, mengetik
berita dilaptop, dan mengedit gamabr agar terlihat menarik.
7.
Kemampuan siswa dalam
bertanggung jawab dalam melaksanakan program yang dikelolanya.
8.
Dan berbagai kemampuan siswa
lainnya yang terkait.
Setelah
melaksanakan program ini ada banyak pembelajaran yang saya dapatkan, Kemampuan
siswa nyatanya sangat mumpuni dalam melaksanakan program ini, kemampuan mereka
untuk berkoordinasi, bertanggung jawab dan menyelesaikan tugasnya sampai akhir
patut diacungi jempol. Kekuatan kodrat siswa yang sesungguhnya sebenarnya sudah
ada dalam dirinya namun perlu pendampingan yang tepat agar potensi yang
dimilikinya bisa berkembang secara baik.
Dalam
pelaksanaan program secara umum berlangsung baik, dan tidak ada kendala yang
berarti namun dalam menyelesaiakan tulisan, ada beberapa siswa yang ternyata
ingin menyampaikan tulisannya dalam bentuk lain seperti essay dan bentuk
lainnya. Hal ini belum terpikirkan sebelumnya sehingga dalam pelaksanaan
program kedepan perlu ada perbaikan terkait output tulisan yang dihasilkan
siswa. Selain itu masalah lainnya adalah
kekurangan kosa kata yang dialami siswa dalam menulis sehingga perlu mencari
kata ganti yang tepat agar tulisan menajdi menarik. Untuk mengatasi hal ini
maka pelaksanaan program selanjutnya, kemampuan siswa dalam kosa kata bisa
diminimalisisr dengan membantu mereka dengan buku – buku bacaan yang mendukung
literasi dan memperkaya kosa kata siswa.
Pelaksanaan
Program bagi saya pada dasarnya melihat dampak yang dihasilkan pada siswa,
meski hasilnya mungkin kecil namun jika hal tersebut bisa memberikan perubahan
yang baik bagi siswa maka program tersebut bisa menjadi bermakna. Ada banyak
program yang bisa dilakuakn disekolah agar kemmapuan siswa berkembang, dan
dalam pelaksanaannya kerja sama dengan rekan guru maupun pihak yang terkait
menjadi syarat mutlak agar program bisa berjalan dengan baik. Perencanaan yang
matang, proses yang utuh serta tujuan yang terukur dan berdampak pada siswa
menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan program
disekolah.
Galerry Kegiatan
Program “Jurnalis Cilik”
Siswa
mewawancarai Narasumber official tim setelah pertandingan Voli
Kegiatan
Pertandingan Voli yang diliput siswa SMPN 12 Kota Komba
Siswa
Merencanakan kegiatan pengumpulan data untuk berita
Siswa
Menyusun dan mengolah data yang sudah dikumpulkan menjadi berita
Siswa
Mewawancarai Panitia Pertandingan
Komentar
Posting Komentar